Header Ads


Kapal Tempur Buatan Indonesia Yang Di Segani Negara Lain


SQQ Times - Dalam hal kekuatan militer, Indonesia sudah mulai diperhitungkan di dunia terbukti dengan telah mampu membuat Kapal Perang Canggih asli buatan Indonesia.

Bahkan beberapa negara seperti Filipina dan Nigeria telah mengakui kekuatan kapal perang produksi Indonesia dan telah memesan kapal perang tersebut.

Berikut adalah deretan kapal perang canggih hasil karya anak bangsa menurut survey Agen Domino QQ.

Kapal Tempur Buatan Indonesia Yang Di Segani Negara Lain



Kapal Induk Helikopter


Salah satu yang membanggakan dari Militer Indonesia adalah dimilikinya Kapal Induk Helikopter yang dibangun oleh PT. PAL Indonesia.Indonesia memiliki 5 LPD 125 M, dimana 2 kapal di bangun di Korea dan 3 kapal dibangun di PAL Surabaya.

Kapal Landing Platform Dock (LPD) 125 M dirancang untuk mampu dipasangi senjata 100 mm dan dilengkapi dengan Fire Control System, untuk melakukan self defence guna melindungi pendaratan pasukan, kendaraan tempur, serta pendaratan helikopter.

Kapal LPD 125 meter ini didesain untuk pendaratan : Landing Craft Unit 23 m, operasi ampibi, tank carrier, combat vehicle 22 unit, dan tactical vehicle 13 unit. Dalam sekali bergerak LPD ini juga mampu mengangkut 507 personil termasuk 354 tentara, crew dan officer.

LPD ini juga mampu mengangkut 5 unit helicopter jenis MI-2 atau BELL 412, serta mampu berlayar selama 30 hari secara terus menerus.

Kapal Cepat Rudal Trimaran


Di urutan ke dua sebagai kapal perang canggih buatan Indonesia adalah KCR Trimaran. Merupakan Kapal Perang dengan teknologi canggih yang saat ini sedang dikembangkan oleh PT Lundin Industry Invest, Banyuwangi, Jawa Timur.

Kabarnya TNI AL telah memesan 4 kapal jenis ini. Kapal ini rencananya akan digunakan sebagai Littoral Combat Ship (LCS) pertama milik Indonesia.

KRI Trimaran juga satu-satu nya kapal perang di dunia yang berbahan komposit serat karbon.

Perlu kamu tahu sudah ada beberapa negara pengguna kapal perang berdesain Trimaran, namun tidak satupun yang berbahan komposit serat karbon.

KRI Kujang


Kapal perang buatan Indonesia berikutnya adalah KRI Kujang 642. Kapal perang ini merupakan Kapal Perang Republik Indonesia bertipe Kapal Cepat Rudal yang pembuatanya dilakukan PT Palindo di Batam.

KRI Banjarmasin


Kapal asli buatan Indonesia lainnya yaitu KRI Banjarmasin 592. Kapal ini adalah kapal ke-3 jenis LPD, yang dua kapal jenis ini sebelumnya dibuat di Daesun Shipbuildings & Engineering Co. Ltd, Korea Selatan, dan sekarang dibuat di PT. PAL Indonesia, Surabaya.

Kapal ini dirancang sebagai kapal pendukung operasi amfibi, yang memiliki kemampuan mengangkut pasukan pendarat berikut kendaraan tempur beserta kelengkapannya.

Kapal ini juga mampu mengangkut 5 buah helikopter (3 di geladak heli, 2 di hanggar). Selain sebagai kapal tempur, kapal yang berteknologi desain semi-siluman ini juga berfungsi untuk operasi kemanusiaan serta penanggulangan bencana alam.

KRI Krait 827


Kapal perang asli buatan Indonesia yang ke lima yaitu KRI Krait 827. Kapal perang ini adalah kapal patroli kelas PC-40 hasil desain dari Fasharkan TNI AL Mentigi dan dibangun bekerja sama dengan PT BES Batam.

Kapal ini mempunyai panjang badan 40 meter dan dirancang bisa melaju dengan kecepatan 20 knot didorong oleh 2 buah mesin diesel 1250 HP Badan kapal terbuat dari aluminium alloy.

Disamping tugas patroli keamanan laut kapal ini juga bisa digunakan sebagai kapal SAR dan kapal untuk bantuan bencana alam sehingga kapal ini dilengkapi dengan Hydraulic Crane yang dapat digunakan pada saat SAR maupun bongkar muat bahan bantuan untuk daerah bencana (dimana saat bencana, suatu pangkalan belum tentu ada fasilitas angkat yg memadai).

Disamping itu, kapal ini didesain Auto pilot untuk memudahkan pengendalian selama kapal melintasi alur pelayaran yang sempit dan untuk jarak tempuh yang jauh sehingga moral pengawak tetap terjaga dengan kemudahan pengoperasian kapal.

KRI Clurit 641


Kapal perang KRI Clurit 641 merupakan salah satu dari kapal perang buatan Indonesia yang memiliki kemampuan hebat dengan teknologi canggih. Pembuatannya dilakukan oleh PT Palindo Marine Industries, Tanjunguncang, Batam.

Kapal ini bertipe kapal cepat rudal. KRI Clurit 641 berfungsi sebagai kapal pemukul reaksi cepat yang dalam pelaksanaan tugasnya mengutamakan unsur pendadakan, mengemban misi menyerang secara cepat, menghancurkan target sekali pukul dan menghindar dari serangan lawan dalam waktu singkat pula.

Kapal berukuran panjang 44 meter, lebar 7,40 meter, dan berat 250 ton ini memiliki sistem pendorong handal yang mampu berlayar dan bermanuver dengan kecepatan 30 knot.